Minggu, 02 Februari 2020

Cara Cek IMEI Samsung dan Alasan Kenapa Harus Mengetahuinya


Di ranah ponsel Android, Samsung ialah merek yang dapat dikatakan lengkap. Produk-produk yang dikeluarkannya seolah menjangkau sekian banyak  kalangan. Ada ponsel yang harganya di kisaran menengah ke bawah, ada pun yang menengah ke atas. Semuanya tergantung keperluan pemakainya.


Pada dasarnya, inginkan yang murah atau yang mahal sama-sama digunakan untuk berkomunikasi. Perbedaan pilihan masing-masing orang didasarkan oleh keperluan yang berbeda-beda. Ada yang hanya digunakan untuk berkomunikasi, bekerja, hiburan, dan lain-lain. Misal, untuk keperluan fotografi, maka pemakai seringkali memilih ponsel yang kualitas kameranya bagus.

Sebagian orang lebih suka melakukan pembelian ponsel dalam suasana baru. Namun, ada pun yang lebih suka melakukan pembelian ponsel bekas. Apa juga alasannya, melakukan pembelian ponsel bekas memerlukan perhatian lebih sebab seringkali tidak datang dalam suasana lengkap. Salah satu yang mesti jadi perhatian kita ialah IMEI.

Hal kesatu yang mesti saya dan anda lakukan ketika hendak beli ponsel bekas ialah dengan periksa IMEI ponsel tersebut. Sama laksana waktu anda melamar kegiatan atau susunan kuliah, urusan kesatu yang diminta tentu identitas. Karena identitaslah yang nantinya menjadi pembeda antar manusia, dan guna ponsel identitas itu mempunyai nama IMEI.


IMEI ialah kependekan dari Internation Mobile Equipment Identity. Wujudnya berupa barisan nomor menarik yang berbeda-beda untuk masing-masing ponsel. Nomor itu ialah nomor identitas yang dikeluarkan oleh Asosiasi GSM (GSMA) untuk masing-masing slot kartu GSM yang diproduksi oleh produsen ponsel. Ibarat manusia, IMEI ialah NIK guna ponsel.


Jadi, satu nomor IMEI tidak akan dipunyai oleh dua ponsel. IMEI dapat menjadi pembeda meskipun ponselnya satu brand  atau satu tipe. Seperti manusia, tidak barangkali satu KTP dipunyai oleh dua orang. Deretan nomor tersebut sangat bermanfaat untuk meyakinkan dan menjelaskan tidak sedikit hal mengenai ponselnya.

Sekarang, memang masih tidak sedikit orang yang belum memahami betapa pentingnya memahami IMEI. Kalau anda bertanya untuk orang di sekitar, apakah dia tahu IMEI ponselnya? Apakah dia punya daftar yang aman mengenai IMEI itu? Kemungkinan besar dia akan membalas tidak. Bagi itu, ayo kita kupas pentingnya memahami IMEI.

1. Mencegah Tindakan Penipuan
IMEI akan bermanfaat kalau kamu hendak membeli ponsel bekas. Kamu dapat mencocokkan sendiri IMEI yang tercantum pada ponsel dengan IMEI yang tercantum pada kotaknya. Seharusnya, IMEI yang tercantum pada dua-duanya sama. Kalau berbeda, dapat dipastikan bila kotak tersebut bukan kotak pribumi ponselnya.

2. Memberikan Informasi Tentang Ponsel
Kalau anda membutuhkan informasi suatu ponsel, maka nomor IMEI akan paling membantu. Kamu dapat mengunjungi situs IMEI.info kemudian memasukkan nomor IMEI ponsel yang anda miliki. Setelah tersebut akan diperlihatkan informasi yang rinci tentang ponsel tersebut, tergolong tahun rilis, perusahan pembuat, dan model ponsel.

3. Berguna Kalau Ponsel Hilang Atau Dicuri

IMEI akan bermanfaat kalau sekiranya ponselmu hilang atau dicuri. Nomor IMEI dapat digunakan untuk mengadukan kehilangan tersebut ke Contact Center atau Service Center. Dari sana dapat diketahui riwayat perbaikan unit yang selanjutnya dapat dipakai guna menginformasikan data pemakai sesudah ponsel tersebut hilang menurut sistem.

4. Melacak Ponsel Ilegal
Belakangan ini beredar kabar bila pada tahun 2020 pemerintah akan menutup ponsel ilegal. Jadi, bila ponsel tersebut ilegal, maka operator bakal memblokirnya sehingga perlengkapan tidak dapat dipakai sebagaimana harusnya. Itulah pentingnya kita melakukan pembelian ponsel secara legal, tidak boleh cuma tergiur dengan harga yang murah.

Provider dapat ‘mematikan’ ponsel melewati nomor IMEI. Nantinya, ponsel seludupan dan ponsel curian tidak dapat dipakai sebab IMEI-nya tidak tercatat secara sah atau diadukan hilang. Kalau telah begitu, sebagus apa juga ponselnya tidak bakal ada gunanya.

Dari sini anda mengtahui bila nomor IMEI sangat bermanfaat untuk diketahui. Deretan angka ini bakal memberikan tidak sedikit manfaat guna hal-hal yang sehubungan dengan ponsel kepunyaan kita. Tidak salah bila kita menganalogikan IMEI suatu ponsel laksana halnya KTP seorang manusia.

Cara Cek IMEI Samsung

Setelah memahami pengertian IMEI dan pentingnya memahami IMEI, kini waktunya guna mengetahui teknik cek IMEI. Ada dua teknik yang dapat dipakai guna cek IMEI di perlengkapan Samsung. Keduanya sama sekali tidak sulit kok, sampai-sampai siapa juga pasti dapat melakukannya. Jadi, simak baik-baik ya, langkah-langkahnya.

1. Melalui Keypad

  1. Buka dulu keypad yang terdapat di ponselmu laksana gambar di atas.
  2. Ketikkan kode #06#.
  3. Setelah itu, tekan tombol call, seperti bila kita periksa pulsa.
  4. Selanjutnya nomor IMEI bakal segera tampil di layar. Di beberapa ponsel anda bahkan tidak perlu mengurangi tombol call sebab nomor IMEI bakal langsung hadir begitu kode perintah berlalu diketik.


Cara periksa IMEI Samsung ini berlaku untuk seluruh jenis ponsel dengan sekian banyak  tipe dan merek. Untuk misal yang tercantum di atas kita dapat melihat terdapat IMEI1 dan IMEI2. Kenapa terdapat dua IMEI dalam satu ponsel? Karena gambar di atas ialah hasil dari tangkapan layar Samsung Galaxy S8 yang mempunyai dua slot kartu SIM.

cara periksa hp samsung asliIni Dia 5 Cara Mengetahui HP Samsung Asli atau Palsu
Seperti yang sudah dikatakan kalau IMEI dikeluarkan untuk masing-masing slot kartu SIM yang diproduksi. Jadi, tampilan laksana gambar di atas melulu akan terlihat guna ponsel-ponsel dengan dua slot kartu SIM. Kalau ponselmu melulu punya satu slot, IMEI yang akan hadir saat diperiksa hanya satu saja.

Coba praktikkan sendiri cocok arahan yang tertulis di atas. Tampilan yang muncul tidak cukup lebih bakal sama laksana gambar di atas. Nomor IMEI bakal terlihat di bawah artikel IMEI. Gambar di atas tampak blank sebab sudah disamarkan terlebih dulu. Kalau telah terlihat, usahakan catat atau screenshoot kemudian simpan file-nya di lokasi yang aman laksana flashdisk.

2. Melalui Setting

Buka dulu menu di ponselmu kemudian cari Settings, pilih itu.
Cari About Phone, seringkali ada di unsur bawah menu, jadi scroll hingga bawah.
Di sana bakal terlihat sejumlah informasi urgen tentang ponselmu, silakan cari IMEI.
Tampilan di ponselmu barangkali akan tampak berbeda. Itu tergantung tipe ponsel dan tema yang digunakan. Tapi, informasi yang disajikan tidak cukup lebih bakal sama laksana informasi yang tercantum pada gambar di atas. Gambar di atas ialah hasil tangkapan layar dari ponsel Samsung Galaxy S8 yang mempunyai dua slot kartu SIM. Jadi, terdapat IMEI1 dan IMEI2 laksana yang telah dijelaskan.


Nantinya IMEI bakal terlihat di samping artikel IMEI, begitu pun dengan nomor ponsel, nomor model, dan nomor seri. Itulah nomor-nomor yang urgen buat kamu. Pada gambar di atas, nomor-nomornya telah disamarkan sebab memang sepenting tersebut dan tidak seharusnya diketahui orang lain.

Demikianlah teknik cek IMEI Samsung dan dalil kenapa anda harus mengetahuinya. Jangan tak sempat bagikan artikel ini untuk teman yang barangkali belum mengtahui teknik cek IMEI Samsung. Kalau anda mempunyai pengalaman unik tentang alangkah pentingnya memahami IMEI dari ponsel yang dimiliki, kamu dapat berbagi di kolom komentar.

Ponsel yang anda pakai Samsung tipe apa? Jangan lupa periksa dan catat IMEI-nya ya! Kalau anda lebih suka menulis secara digital laksana lewat screenshoot, tidak boleh lupa simpan file itu di luar ponsel, ya! Tujuannya, bila ponselnya hilang atau dicuri, anda tetap dapat melaporkan ke Customer Service untuk lantas ditindak lanjuti. 

https://www.kadenze.com/users/josh-sian

https://toplistingsite.com/profile-76323-atmnesia01.html

https://evisionthemes.com/supports/users/atmnesia01/

https://www.bikemap.net/en/u/masterpiaceontheworld0001

https://www.teachertube.com/user/channel/kuismedia

http://www.effecthub.com/user/2037140

https://fliphtml5.com/homepage/swfyd

https://we.riseup.net/atmnesia01/atmnesia01

https://profiles.xero.com/people/johnsian

https://artmight.com/user/profile/555817

https://twinoid.com/user/10050227

https://ioby.org/users/dimaschd646302

https://www.wantedly.com/id/john_asia

https://cycling74.com/author/629c5073a8dcef597c869865

https://www.gta5-mods.com/users/atmnesia01

https://support.advancedcustomfields.com/forums/users/atmnesia01

https://www.dday.it/profilo/atmnesia01

https://www.speedrun.com/user/atmnesia01

https://www.librarything.com/profile/atmnesia01

Tidak ada komentar:

Posting Komentar